Plagiarisme atau Sekedar mencontoh ?

Sanksi terhadap seorang Prof di salah satu universitas swasta di bandung benar-benar berat. Gara-gara melakukan plagiarisme, Profesor itu akan diberhentikan secara tidak hormat oleh pihak Universitas. Tidak hanya itu! Gelar profesor yang diberikan kepada beliau juga akan dicopot. Menurut Rektornya, BP dari dulu memang terkenal sebagai salah satu dosen yang rajin menulis. "Mungkin karena rajin menulis itu menjadi salah satu pertimbangan mengapa beliau mendapat gelar profesor," . BP merupakan peraih gelar profesor termuda untuk bidang Hubungan Internasional (HI). Sumber



Berita di atas menunjukkan suatu praktek plagiarisme atau penjiplakan karya orang lain yang dilakukan bukan oleh orang sembarangan, bayangkan beliau adalah seorang profesor..."sungguh ironis bukan" :). Tentu ini merupakan pelajaran bagi kita semua agar bisa lebih "jujur" dalam menghasilkan suatu karya, tidak hanya berupa tulisan apapun itu harus benar-benar murni hasil kerja kita sendiri.



Dan yang lebih penting lagi adalah bahwa kasus penjiplakan bukan hanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak "berilmu" atau hanya ingin "kemudahan" tapi bisa juga dilakukan oleh orang yang "pintar" dan "cerdas". Entah alasan apa orang-orang seperti BP mau melakukan penjiplakan seperti itu. Padahal mereka punya kemampuan untuk membuat suatu karya yang baik dan berkualitas (dilihat dari latar belakang pendidikan dan prestasi), apakah karena ada titik jenuh dalam berkarya atau karena lemahnya pengawasan oleh pihak universitas bahkan pemerintah dalam meneliti atau mengontrol "keaslian" suatu karya ?



Entahlah...kita masing-masing pasti punya jawabannya :) tapi memang di jaman yang serba terbuka ini dimana akses untuk mencari informasi tentang apapun bisa dengan mudahnya kita dapatkan sehingga mengakibatkan peluang terjadinya penjiplakan, meniru, mencontoh karya orang lain memang sangat besar. Seperti contohnya skripsi, kalau diperhatikan "permasalahan" dan "metode" yang digunakan mahasiswa kebanyakan hampir sama persis dengan yang dipakai oleh mahasiswa terdahulu yang telah lulus. Yang berbeda hanya "judul" dan" Obyek penelitian" serta nama penulis tentunya hahahaha. Kenapa ini bisa terjadi ? Mahasiswa atau Sistem di Universitas yang salah ? dan apakah itu termasuk kategori "plagiarisme" ?



Silakan kita jawab pertanyaan itu sesuai dengan apa yang pernah kita rasakan dan berdasarkan pengetahuan yang kita punya :) tapi yang jelas dari kasus di atas semoga bisa membuka mata kita lebih lebar (pihak universitas dan pemerintah terutama) bahwa mungkin memang harus ada suatu undang-undang khusus mengenai parameter keaslian suatu karya dan perlu pembentukan tim khusus yang melakukan pengawasan melekat setiap saat . Agar kejadian yang "memalukan" seperti itu tidak terjadi lagi...semoga.

Comments

  1. hehehe... penjiplak memang nggak kreatip bngt

    ReplyDelete
  2. setuju .. kayak gak menghargai karya orang lain aja ..

    ReplyDelete
  3. menciplak secara seratus persen mungkin tidak dibenarkan namun menciplak untuk kepetingan sendiri apalagi jadi...............kaga usah mencipla
    salam hangat dari blue

    ReplyDelete
  4. eemm,,kalo nyontek terasuk plagiatisme ga ya??
    hehehe,,,cs sering ngalamin ne,,

    ReplyDelete
  5. padahal sumber merujukan lebih memudahkan kita dalam menyusun sebuah karya, tapi sayang kadang kontrol dan nafsu manusia untuk memudahkan segala cara telah mengalahkan niat awalnya.

    ReplyDelete
  6. @Kang sugeng...setuju kang :)
    @Hoedz...hmmm yg penting tenar mungkin bro :)
    @Blue...ironis memang :)
    @Ocy...hihihi nyontek termasuk kali ya, tapi masih dosa kecil wkwkwkwk
    @Hack87...iya bener "memudahkan segala cara" itu awal terjadinya itu :)

    ReplyDelete
  7. sayang banget ya kalo gara-gara plagiarisme seorang dosen apalagi sudah bergelar professor bisa hilang jabatan dan kedudukan, ckck...

    ReplyDelete
  8. o ya...sanksinya malu seumur hidup klo seperti itu..

    ReplyDelete
  9. berat memang, tapi itu pembelajaran :)

    ReplyDelete
  10. @mamah..,iya sangat ironis banget...
    @D-gadget...bener malu2in terutama :)
    @caride..pembelajaran buat kita semua :)

    ReplyDelete
  11. kalo dalam publikasi ilmiah (kebetulan saya peneliti) yang terpenting adalah orisinalitas ide dan karya yang baru, masalah metode dan refensi tidak masalah menggunakan metode orang asal mendukung analisa data dan hipotesa yang diajukan, dan tentu saja tanpa meninggalkan sumbernya.

    kadang-kadang mungkin ada yang tidak sabaran sehingga asal main copas karya orang lain saja.

    semoga tidak makin banyak plagiator di negeri ini...

    Ayo !!! Sejahterakan Peneliti di Indonesia !!! dan Sejahterakan Oyen !!!

    ReplyDelete
  12. setuju dengan oyen :) hidup peneliti !!! :)

    ReplyDelete
  13. @Oyen...setuju oyen, kebetulan aku dulu juga peneliti pemasaran dan memang metode dan refensi teteeep yg lama dan memang gak masalah :) tapi rasanya (cuma merasa) buat kita gak kreatif itu aj he222

    ReplyDelete
  14. wah, saya sering menjiplak lirik neh bro... postingan saya khan banyak lirik2nya.... termasuk plagiarisme nggak ya...

    ReplyDelete
  15. selama yg punya lirik gak protes gak papa paling bro wkwkwkwk, soalnya dari segi bisnis itu menguntungkan dia juga :)

    ReplyDelete
  16. wah, iya yah... Masku emang pinyter... Duuuh... :-)

    ReplyDelete
  17. setuju dg plagiat, eh gak setuju ding. hi hihi...kalo ide mirip sih gak papa. btw, nih aku bawain kue keranjang, jeruk, jus stroberi dan angpao. tapi angpaunya kosong. isi sendiri ya. hehehe

    ReplyDelete
  18. kekenyangan nih abis makan jeruk. terus makan kacang atom garuda. terus makan kue keranjang. sengaja bikin ngences mas Aulawi. hi hi hi...

    ReplyDelete
  19. @achen...kan ente yg ngajari wkwkwkw
    @Fanny..horeee, tapi..angpao kosong? ya udah tak isi cepek wkwkwkw, lah fanny harus tanggung jawab nih, tuh ilerku berjatuhan hahahahaah

    ReplyDelete
  20. Wah, ada mbak Fanny thoh.... Ternyata dodol keranjangnya dibagi kemana mana ya, slute deh, eh Mas Ni saya bawain Tissue nya ajah... :-D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts