PRT & Majikan wajib ikut seminar Hak dan Kewajiban

Pemerintah Malaysia bulan depan akan menerapkan kebijakan baru yaitu setiap PRT asing dan majikan diwajibkan menghadiri seminar yang akan memaparkan tentang hak dan tanggung jawab mereka.Kebijakan ini berlaku untuk seluruh pembantu rumah tangga asing yang baru, termasuk dari Indonesia. Seminar tersebut diharapkan dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kasus kekerasan dan pencurian di kalangan pembantu rumah asing. Seminar setengah hari yang dinamakan Seminar dan Sesi Dialog Pembantu Rumah Asing anjuran kementerian melalui Departemen Tenaga Kerja (JTK) yang akan diadakan di seluruh Malaysia itu wajib dihadiri oleh pembantu rumah dalam waktu enam bulan setelah masuknya mereka ke negara ini. Selain itu, agensi yang bertanggungjawab membawa masuk PRT asing ini juga akan diwajibkan menghadiri seminar itu agar mereka dapat memainkan peranan yang lebih positif.


Buku Garis Panduan Penggajian Pembantu Rumah Asing, juga akan diberikan kepada pembantu rumah ketika seminar tersebut akan menerangkan mengenai tanggung jawab majikan, agen pekerja dan perkara-perkara yang perlu dimasukkan dalam kontrak layanan mereka. "Buku ini berisi beberapa konten, salah satunya menjelaskan peranan lembaga pemerintah seperti Departemen Imigrasi, JTK dan polisi serta bagaimana menangani isu-isu penyimpangan, selain mengandung online hotline, situs web dan alamat departemen-departemen pemerintah. sumber

Berita diatas cukup menggembirakan bagi kita terutama dalam hal "perhatian" dari pemerintah Malaysia terhadap kesejahteraan dan perlindungan para TKI kita. Dengan adanya seminar dan pembagian buku panduan tersebut, paling tidak membuat para TKI lebih paham dan mengerti tentang hal dan kewajiban mereka sebagai pekerja. Harapan kita semoga peraturan ini benar-benar diterapkan secara konsisten bukan hanya sebagai "penghibur" hati para TKI saja. Satu hal lagi adalah semoga pemerintah kita bisa meniru langkah Malaysia ini dalam hal "perhatian" terhadap nasib para TKI terutama perlindungan hukum bila ada tindak kekerasan ataupun masalah pembayaran gaji mereka. Semoga!

Comments

  1. semoga pemerintah kita bisa seperti itu ya mas,,susah memang lapangan kerja di negri kita ini...

    ReplyDelete
  2. jgn hanya seminar saja tapi juga pelaksanaannya mesti benar.

    ReplyDelete
  3. mantaap.. semoga hal seperti bisa terus dilangsungkan.. ^^ setuju banget!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts