Tanya aku, kamu dan kalian

Korupsi artinya busuk…
Tapi kenapa bau ini ada dimana-mana…
Tak bisa hilang dengan mudah…
Karena sudah menjadi senyawa

Korupsi artinya rusak…
Tapi kenapa sulit diperbaiki…
Walau sudah memakai bengkel resmi…
Karena semua harus diganti…

Korupsi artinya menyogok…
Tapi kenapa tak bisa berhenti…
Karena banyak yang mau disogok

Korupsi adalah perilaku…
Yang tidak wajar…
Namun dianggap wajar
Yang tidak legal…
Namun dianggap legal…

Makanya korupsi merajalela…
Akibat penegakan hukum yang masih lemah…
Mental aparatur yang parah…
Kesadaran masyarakat yang masih rendah…
dan "political will" yang Na’uzubillah…

Sungguh realita yang pahit sekali…
Bagaimana bisa berhenti…
Jika semua sudah tak terkendali…
Mungkin system harus diganti lagi…
Padahal sudah berulang kali…
Semoga saja tidak menjadi kleptokrasi

Ah harus bagaimana ini…
Sudah diperingatkan oleh pak Kyai…
Sudah dibahas oleh para ahli…
Hasilnya nihil sama sekali…

Oo mungkin masing-masing pribadi…
Harus bertanya pada diri sendiri…
Pernahkah aku korupsi ?
Pernahkah aku ingin korupsi ?...
Pernahkah aku diajak korupsi ?...
Pernahkah aku melihat orang korupsi ?...

Mungkin ini solusi terbaik…
Agar kita lebih mawas diri…
Dan berintropeksi...
Berani untuk saling mengingatkan…
Berani mengaku salah jika salah…
Dan mau berubah untuk lebih baik…
Karena perubahan dan kesempatan…
Hanya sepanjang umur dibadan.

# Anti Korupsi Cerita inspirasi
* Kleptokrasi

Comments

  1. mengamankan pertamaxxxx

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya lagi makasih

    ReplyDelete
  2. kalo koruptor baca ini...paling komentnya...

    wow, tersanjung, puisi ini pasti untukku

    Tapi bukan Oyen loh yak

    ReplyDelete
  3. berkunjuuung.. he.he.. mantep bang, puisinya.. ^^ thanks untuk partisipasinya yaa.. ^^

    ReplyDelete
  4. puisi buat para koruptor,, mantaapp banget daahh!! sukses buat kompetisinya yah :)

    ReplyDelete
  5. harus dimulai dengan reformasi Akhlaq yang dimulai dengan penanaman nilai aqidah secara dini dalam lingkungan keluarga.

    ReplyDelete
  6. Puisi yang keren, sob. Salah satu bukti sastra bisa melawan korupsi!

    ReplyDelete
  7. @darahbiroe...tq kunjungannya :)
    @Oyen...hehehe bisa aje loe :)
    @Joddie...Sama2 bro :)
    @Yoliz...Tq sukses juga buatmu :)
    @Setiawan...setuju pak :)
    @Ivan..tq bro, hidup sastra!!:)

    ReplyDelete
  8. dilematis namun menarik..itu yang bisa saya katakan untuk tulisan sobat.....

    ReplyDelete
  9. malam sobat apa kabar?
    teryata kamu punya banyak kelebihan,,pisinya bagus sekali sobat,,

    ReplyDelete
  10. penyampaian yg beda...
    salut...
    mungkin benar ya kalau dimulai dari diri sendiri, tapi apakah bisa dan semua mau malakukan dgn jujur?

    ReplyDelete
  11. kayaknya sudah sampai kemana-mana ya?
    dan untuk perbaikan bukan hal yg mudah tapi harus dilaksanakan.

    ReplyDelete
  12. apik,,apik puisine,,,
    ijin copas duloe,,,
    heheee,,bisa di ajukan di mading kampus ne,,

    ReplyDelete
  13. wow! keren Mas....
    sayah sukah penyampaian puisinya...
    keren deh ah, ampe kehabisan kata neh Mas... heheheh

    ReplyDelete
  14. Dan, semoga sukses di acaranya Jodie ya.... ;-)

    ReplyDelete
  15. Makasih achen n buwel (looh) hihihi

    ReplyDelete
  16. level tuk yang satu ini sudah sangat sulit di tanggulangi nii kang... menjamah segala sektor di kehidupan kita :(

    ReplyDelete
  17. waw.... puisinya bagus ya...
    semoga menang di kompetisinya... :)

    ReplyDelete
  18. Korupsi itu.....
    Ko - rup - si .....
    Hehehehe..... rangkaian yang unik jika memikirkan cara kita mengucapkan....

    ReplyDelete
  19. @Adits..tq n memang ini tentang dilema :)
    @Hendro...amin n tq :)
    @Narti...itulah dibutuhkan kejujuran pribadi, dihubungkan dgn jujur yg tulus hanya Tuhan yg tau :)
    @Sda..sulit memang n butuh waktu :)
    @Ocy..tq n silakan :)
    @Achen...tq aku menunggu "puisi korupsimu" di blogmu hehehe
    @Buwel..amin semoga kita semua sukses :)
    @Genial..ya setuju dah menjadi "senyawa"
    @Lingga..amin n tq :)
    @Nahdhi...arti korupsi bisa diliat dilink dibawah post :)
    @Aulawi...wi bukan loe yg dipuji tapi gue wkwkwwkwwk

    ReplyDelete
  20. intinya korupsi itu dosa ya ?
    hehehehe ...

    print tulisan ini ... trus kirim ke koruptor ...
    gimana perasaan mereka ..
    hahaha ....

    ReplyDelete
  21. Ayo harus berani instrospeksi diri, karena kalau kita hanya berani mencerca orang lain, tp diri sendiri jg ga bener, ya apa bedanya kan?

    ReplyDelete
  22. Sebenarnya inti dari adanya korupsi adalah kurangnya kadar keimanan dan ketaqwaan.... Mungkin para koruptor akan segera tersadar setelah disentil oleh yang Maha Kuasa

    ReplyDelete
  23. @Hoedz...pastinya cuma manusia memang suka dgn dosa ya hehehehe
    @Zee...Setuju, ayooo :)
    @Vita...semoga begitu ya :)

    ReplyDelete
  24. Korupsi...dan korupsi lagi....

    Kapan y negeri ini bebas korupsi..???
    Suatu saat nanti....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts