Paspor (langkah-langkah pembuatan)

Bila kita ingin ke luar negeri tentu butuh paspor. Nah untuk mendapatkan paspor salah satunya diperlukan dokumen yang layak. Dokumen yang diperlukan untuk membuktikan apakah yang Anda katakan mengenai data pribadi pada sesi wawancara itu benar. Dokumen untuk memastikan bahwa Anda bukan seorang kriminal yang mencoba melarikan diri dari Indonesia untuk menghindari proses hukum. Setelah Anda mengirimkan dokumen-dokumen yang tepat bersamaan dengan aplikasi, Anda hanya tinggal menunggu untuk disetujui. Setelah semua telah disetujui, maka paspor akan segera dikeluarkan oleh pihak imigrasi.



Berikut ini tahapan-tahapan untuk mengajukan pembuatan paspor :


1. Mengisi aplikasi pengajuan membuat paspor beserta dokumen mengenai pribadi Anda. Dokumen tersebut mencakup foto kopi KTP, kartu keluarga, buku nikah yang masing-masing rangkap dua.


2. Pemotretan dan sidik jari.


3. Sesi wawancara. Saat wawancara jangan lupa membawa dokumen pribadi Anda yang asli, agar fasilitator dapat mengecek keakuratan data dari yang asli dengan fotokopi. Sesi wawancara ini paling lama hanya 10 menit dan fasilitator akan memberikan beberapa pertanyaan standar seperti, "Siapa nama asli Anda?", "Siapa nama orangtua kandung Anda?", "Apa pekerjaan Anda?", "Tujuan Anda membuat paspor dan akan pergi kemana?". Sesudahnya Anda diharuskan menandatangani dua lembar kesepakatan dalam membuat paspor.



Jika Anda juga mengajukan aplikasi untuk anak-anak, saat ke kantor imigrasi Anda harus mengikutsertakan mereka. Fasilitator akan meminta anak-anak Anda untuk menyebutkan nama kedua orangtuanya. Yang perlu diperhatikan saat Anda akan menggunakan paspor adalah biaya dan lama pembuatannya yang pasti berbeda dengan lainnya. Jika Anda mengajukan sendiri biayanya memang murah yaitu berkisar Rp 260.000-275.000 dengan lama pembuatan dari lima sampai tujuh hari.



Sedangkan untuk Anda yang memang tidak memiliki waktu banyak untuk bolak-balik ke kantor Imigrasi, mungkin mengandalkan calo yang banyak berseliweran di kantor imigrasi. Biayanya berkisar antara Rp 500.000-750.000 dan hanya memakan waktu sehari hingga dua hari saja. sumber



Begitulah langkah-langkah untuk membuat paspor, sederhana secara teori :) Intinya harus punya uang hehehe. Semoga info ini bermanfaat bagi kita.

Comments

  1. mo buat paspor ga bsi2 karena nggak punya KK, secara hidupnya nomaden. :-)

    ReplyDelete
  2. aku suka ini, memang lg mau bikin nih...

    ReplyDelete
  3. hahahha nice post
    wah pasti berguna tu
    impian pingin nonton bola di milan hehehhe

    kalau sempat main ke blog ane (dofollow blog) ya...
    http://belajar-tanpa-henti.blogspot.com/
    nice to be friend
    keep blog walking :)

    ReplyDelete
  4. calo itu di mana nyarinya? hmmm

    ReplyDelete
  5. @All : ayo buat paspor bisa jalan2 heheeh
    @Ngancik :jhiaaa tanya pak lurah bro hehehe
    @Wahyu : tuh didepan kantor imigrasi :)

    ReplyDelete
  6. wooow, intinya harus punya duit.... saya suka kalimat ini... hehhehe

    ReplyDelete
  7. tks infonya. btw, makasih kopinya. bawain yogurt deh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts