Pencabutan Moratorium TKI (Indonesia-Malaysia)

Pembahasan pencabutan moratorium (penghentian) penempatan tenaga kerja Indonesia ke Malaysia antara pemerintah Indonesia dan Malaysia dijadwalkan rampung pada kuartal ke dua tahun ini atau sekitar bulan April mendatang. "Progresnya sudah sangat bagus, hal hal prinsip sudah tidak masalah," ujar Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Jenderal (Purn) Da'i Bachtiar, usai diskusi ketenagakerjaan di Bandung, Jawa Barat. Belum rampungnya moratorium, karena masih ada sedikit masalah untuk cost struktur antara agen malaysia dan agen Indonesia yang menempatkan tenaga kerja. Sehingga kedua belah pihak masih mencari jalan keluarnya. "Malaysia ingin melindungi majikannya, dan pemerintah Indonesia melindungi tenaga kerjanya".
Ia menegaskan, pihaknya sudah berkomunikasi secara langsung dan mengirimkan surat pada Kementrian Tenaga Kerja untuk segera merampungkan working joint group penempatan tenaga kerja Indonesia. Nantinya pemerintah Indonesia menginginkan adanya lembaga kontrol joint committee untuk mengawasi implementasi dari moratorium tersebut. "Pemerintah juga akan membuat welcoming program bagi majikan dan TKI yang datang." sumber



Tujuan pencabutan moratorium tersebut adalah untuk menghindari semakin maraknya pengiriman TKI ilegal. Yang jelas dengan adanya kebijakan ini para TKI akan mendapat lebih banyak keuntungan antara lain paspor dipegang TKI, waktu libur bagi tenaga kerja satu hari seminggu, perhitungan gaji awal, dan perlindungan hukum. Semoga implementasi kebijakan ini dapat terwujud secara nyata dan tidak hanya menjadi teori. semoga :)

Comments

Post a Comment

Popular Posts